Translate

Posted by : Bagus Pujianto Kamis, 19 Januari 2017

FTP

  • Pengertian
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP

  • Latar Belakang
Agar setiap orang dapat mendownload file yg saya upload ke server
  • Tujuan
Tujuan saya adalah mempermudah saya dalam menempatkan file dan mempermudah dalam mengunduhnnya

  • Alat dan bahan
Server
laptop
jaringan internet

  • Waktu pelaksanaan
Disini saya membutuhkan waktu sekitar 25 menit karna jaringan yg putus-nyambung dan karna ada kesalahan dalam konfigurasi FTP tersebut

  • Langkah Kerja
1. masuk ke server anda melalui ssh, atau melalui console jika anda menggunakan proxmox, kemudian masuk sebagai Super User (SU)
setelah itu ketikan perintah ini #apt-get install proftpd lalu tekan enter

2. setelah selesai menginstal lakukan perintah #nano /etc/proftpd/proftpd.conf lalu enter

 3. nanti akan muncul gambar seperti ini
   ganti ServerName dengan yg diinginkan, disini saya isi ServerName menjadi
   Bagus yg awalnya adalah Debian

4. Kemudian tekan ctrl+x kemudian tekan Y lalu enter

5. Lalu buka browser anda dan ketikan di url ftp://ip server anda jika di
    tempat saya, saya ketik ftp://192.168.48.2 kemudian di enter

6. Nanti akan keluar gambar seperti ini
   lalu isikan user name & password anda kemudian OK
7. Jika sudah masuk ke tampilan ini berarti anda sudah berhasil
 
  • Kesimpulan
adalah kita dapat mengupload file yg kita inginkan dan teman kita dapat mendownloadnya jika ia sudah masuk di server kita

- Copyright © Bagus Pujianto - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Bagus Pujianto -