Translate

Posted by : Bagus Pujianto Selasa, 10 Januari 2017

TRANSMISSION CONTROL PROTOCOL


Hasil gambar untuk tcp ip
I.Pengertian :
      TCP/IP merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol yang merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang berada disebuah sistem yang memungkinkan satu komputer dengan yang lain dapat saling mentransfer data dalam sebuah grup network atau jaringan.

II.Latar Belakang TCP /IP :
    Pada era modern, penggunaan teknologi informasi sudah sangat dibutuhkan oleh semua manusia ,Dalam perkembangan teknologi informasi, kini berbagai macam perangkat dapat dihubungkan dengan perangkat lain dengan begitu mudah. begitu juga satu komputer dengan yang lain yang bisa saling bertukar dan mentransfer data dengan mudah melalui jaringan lokal maupun jaringan internet. semua itu dapat dilakukan karena adanya sebuah protokol. nah disini saya akan menjeelaskaann apa itu protokol berserta sejarahnya.

III.Maksud Dan Tujuan :
    Menahami pengertian dan sejarah dari TCP/IP.

 IV.Sejarah :

      Pada awalnya TCP/IP muncul dengan awal lahirnya ARPANET , yaitu jaringan paket  switching digital yang didanai oleh DARPA (Defence Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1969. pada tahun 1983 TCP/IP diadopsi menjadi standard ARPANET.Untuk memudahkan proses konversi, DARPA juga mendanai suatu proyek yang mengimplementasikan protokol ini ke dalam BSD UNIX. dan akhirnya dimulailh perkawinan antara UNIX dan TCP/IP. oleh karena itu, sekarang TCP/IP lebih mudah dikembangkan sendiri .

V.Fungsi TCP/IP :
  • mengirim file dalam suatu jaringan network.
  • untuk keperluan “Remote login.
  • Computer mail 
  • Telnet dll.

VI.Kesimpulan :

Kita dapat mengakses sebuah internet itu harus menggunakan sebuah protokol baik itu internet maupun jaringan lokal.

VII.Referensi :
  • http://hardiyanto-nugroho.blog.ugm.ac.id/2013/02/27/pengertian-dan-fungsi-tcpip-dalam-jaringan-komputer/
  • https://archnight.wordpress.com/sejarah-tcpip/

- Copyright © Bagus Pujianto - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Bagus Pujianto -