Translate

Posted by : Bagus Pujianto Rabu, 11 Januari 2017

DEBIAN
 
  • PENGERTIAN
sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel linux merupakan distribusi Linux yang popmuler dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.


  • LATAR BELAKANG 
debian adalah Salah satu produk Open Source yang ada dilinux secara teknik Linux adalah suatu sistem operasi bertipe Unix yang bersifat multi user dan multi tasking, Debian telah berkembang menjadi salah satu distro GNU/Linux yang handal.

  • TUJUAN
agar mengetahui bagaimana cara instalasi debian

  • ALAT DAN BAHAN
1. Laptop/PC
2. Jaringan internet
  • WAKTU PELAKSANAAN
Karena saya mengalami kendala saat instalasi debian jadi saya membutuhkan waktu 2 jam


  • TAHAP PELAKSANAAN


setelah masuk keproxmox, lalu klik start setelah itu consule
lalu enter install.
cara install debian 8 jesiie

  pilih bahasa yang akan digunakan, saya memilih bahasa english

sebelum kita pilih lokasi pilihlah, other

pilih dinegara bagian mana kamu tinggal, saya memilih asia dan enter

lalu pilih negara tempat tinggal, saya memilih indonesia dan enter

pada configure locates pilih english states dan enter

pada configure keyboard pilih american english dan enter

tunggu hingga konfigure selesai

tunggu hingga konfigure selesai

tunggu hingga konfigure selesai

selanjutnya konfigurasi network secara manual jadi pilih continue dan enter

Pada Configure The Network. Kita pilih Configure Network Manually. dan Enter.

Kemudian isikan IP Addressnya sesuai ip yang dimiliki. disini saya memakasi IP yaitu 192.168.48.2 dan enter

Kemudian Untuk Netmasknya akan saya beri 255.255.255.248 karena saya menggunakan prefix /29 enter

Kemudian Untuk Gateway samakan dengan ip address 192.168.48.1 Sebagai gerbang kalau kita menggunakan internetnya
kemudian ketikkan host namenya, contohnya saya mengisikan hostname dengan nama amelia

selanjutnya untuk domain name, kita dapat mengisikannya sesuai dengan apa yg kita ingikan bisa juga dengan nama kita untuk mempermudahnya

Kemudian isikan password Root sebagai super user nantinya. Isikan yang mudah diingat saja. dan Enter.

selanjutnya isikan full name sesuai dengan yang diinginkan

kemudian isikan nama kembali bisa sama dengan nama dihostname bisa juga berbeda, namun untuk mempermudah lebih baik disamakan.
tunggu hingga konfigure selesai

Kemudian kita pilih zona waktu kita tinggal sekarang dimana. karena zona waktu kita WIB maka pilih Western. dan Enter.

selanjutnya kita enter saja untuk melanjutkan langkah berikutnya

lalu pilih yang paling atas yaitu all...

selanjutnya pilih yes untuk konfigure berikutnya

dan pada free space kemudian enter

selanjutnya pilih yes untuk melanjutkan konfigurenya

tunggu hingga konfigure selesai

kemudian pilih no untuk melanjutkan langkah berikutnya

selanjutnya pilih no utuk konfigure berikutnya

tunggu hingga konfigure selesai

selanjutnya pilih yes untuk konfigure berikutnya

tunggu hingga konfigure selesai

Kemudian pada Software Selection Kita mencentang Standard system saja. Cara menghilangkan bintang (*) bisa tekan spasi dan tinggalkan bintang pada standard dan ssh server. lalu Enter. Karena kita memilih berbasis text dan supaya kita bisa me ssh server kita.
tunggu hingga konfigure selesai

Pada install grup pilih yes. Grub ini berfungsi sebagai pilihan saat kita mau masukk ke sistem debian. seperti saat memakai dualboot maka akan ada pilihan mau memakai sistem yang mana.

Pada Device for Boot pilih Dev/sda dan enter.

tunggu hingga konfigure selesai

tunggu hingga konfigure selesai dan instalasi debian selesai.

selanjutnya masuk lewat telminal untuk melanjutkan konfigure selanjutnya setelah melakukan instalasi debian
instalasi debian sudah selesai.
  • HASIL DANKESIMPULAN
Berhasil, namun sebelum saya berhasil melakukan instalasi debian saya mengalami kendala awalnya pada saat memasukkan password yang digunakan untuk login tidak dapat saya lakukan namun setelah saya mencoba terus akhirnya instalasi dapat saya lanjutkan, dan saya juga mengalami kendala pada saat konfigurasi diterminal setelah instalasi debian pada saat install NTP

- Copyright © Bagus Pujianto - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Bagus Pujianto -